Belajar ataukah Menikah dulu?

Pertanyaan : Manakah yang seharusnya saya dahulukan, menuntut ilmu ataukah menikah? Padahal saya tidak sabar untuk segera bisa menikah.

Syaikh Rabi’ bin Hadi hafizhahullahu menjawab :

Jika kamu mampu untuk bersabar dan belajar, maka bersabarlah. Yaitu belajarlah sebelum kamu menikah, sebagaimana ditandaskan oleh ‘Umar Radhiyallahu ‘anhu. Sebagian diantara mereka ada yang menunda pernikahan daripada ilmu, yang manakala mereka menikah maka akan meninggalkan ilmu dan menyebabkan kemalasan pada jiwanya. Namun jika ia memiliki kelapangan (kemampuan) untuk menghimpun antara dua maslahat sekaligus (yaitu menikah dan belajar), maka ini baik. Tapi apabila ia tidak memilikinya dan ia beranggapan bahwa ia dapat terjerumus kepada keburukan dan zina atau selainnya, maka demi Alloh, menikah dan membentengi dirinya serta menjaga kesuciannya adalah lebih utama (didahulukan).

Sumber : Situs Resmi Syaikh Rabi’ bin Hadi

Did you enjoy this post? Why not leave a comment below and continue the conversation, or subscribe to my feed and get articles like this delivered automatically to your feed reader.

Tanggapan

Belum ada tanggapan.

Beri Tanggapan

(Harus Diisi)

(Harus Diisi)